Katarsis (?)

       Katarsis masih sedikit awam untuk di telinga beberapa orang, sebenarnya kalau aku sendiri memaknai katarsis itu lebih ke self-healing atau me time, tapi aku personally sangat suka melakukan katarsis ditengah-tengah kesibukan aku, aku merasa dengan melakukan hal yang aku suka bisa meningkatkan mood aku dalam melakukan beberapa hal, entah itu bekerja atau belajar. Aku biasa melakukan katarsis dengan menonton film sendiri atau duduk di Kafe menikmati segelas kopi atau mungkin teh yang bisa membuatku lebih rileks. 

    Tapi ada sebagian orang malah justru aneh melakukan hal-hal di atas sendirian. Seperti gak punya tujuan hidup, seperti gak punya teman (!) Benarkah? Kurasa tidak demikian, kadang kita justru butuh sendiri melakukan hal-hal di atas untuk lebih mengenali diri kita sendiri ga sih? kadang aku berfikir apakah mungkin aku aneh(?) atau memang ini lumrah sih. Tak jarang setiap aku kedapatan sedang melakukan hal yang kuanggap katarsis justru orang menganggapku, kok aneh? kok kamu mau sih nonton sendirian? atau kok mau sih ngopi sendirian? di kafe pula, duh kan banyak orang dan banyak lain halnya yang membuat hal yang ku lakukan semakin tidak biasa dilakukan untuk sebagian orang.

    Sampai ada satu momen saya lebih memilih nonton di bioskop yang jauh dari hiruk pikuk kota yang memungkinkan ketemu dengan kenalan ku lebih sedikit persentase bertemunya, saking tidak inginnya ditanyai ''Nonton dengan siapa?' dan ku tidak ingin mendapat respon ''Loh kok sendiri? kosong banget nonton sendirian" dan bla bla respon lainnya yang memojokkanku itu sebagai hal yang aneh dilakukan. Aku memang sering menghabiskan waktu istirahatku dengan nonton, hari apapun itu, jika kurasa hari ini aku butuh sendiri aku akan pergi menonton film random, tidak harus menunggu film yang baru keluar atau film yang ku nanti-nantikan, dan sungguh rasanya benar-benar nikmat, kamu bisa mengapresiasi dirimu dengan berkata, kamu bisa melakukannya sendiri, pergi kemanapun kamu mau. 

Komentar

Postingan Populer